Kamis, 02 Desember 2010

Implementasi Komputer Dalam Absensi Perkantoran

Sistem kerja mesin absensi sidik jari terbilang sangat signifikan dan sensitif. Sensor yang digunakan untuk mendeteksi sidik jari menggunakan sistem optikal, dimana pendektesian dilakukan dengan pembacaan kontur atau tinggi rendahnya permukaan sidik jari dan listrik statis tubuh. Hal ini menghasilkan tingkat keamanan yang tinggi, karena tidak bisa dipalsukan dengan foto copy sidik jari, sidik jari tiruan bahkan dengan cetak lilin yang detail dengan guratan-guratan kontur sidik jari sekalipun. Sistem kerja absensi sidik jari dengan komputer atau yang lebih dikenal absensi sidik jari online ini sangat bergantung dengan komputer. Jadi absensi ini harus bekerja bersama komputer dan tidak dapat berdiri sendiri. Karena seluruh proses record verifikasi jari dilakukan di komputer, sedang sensor U.are.U atau sensor sidik jari digunakan hanya untuk mengambil sidik jari saja. Selanjutnya data akan langsung input kedalam database apikasi yang sudah terintegrasi dengan sensor. Absensi Sidik Jari dengan komputer lebih banyak digunakan oleh kantor-kantor atau instansi dengan sedikit karyawan.
Salah satu contoh aplikasi absensi sidik jari online adalah Detail Absensi Plus (D.A. Plus). D.A.Plus merupakan suatu perangkat lunak komputer (software) untuk absensi yang dikembangkan oleh Detailsoft Solusindo yang menggunakan sistem pengenalan sidik jari dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memudahkan pengaturan dan pengawasan absensi karyawan. Untuk menggunakan D.A.Plus harus dilengkapi dengan sensor sidik jari. Sampai saat ini D.A.Plus dapat menggunakan U.are.U 2000 dan U.are.U 4000 dari digitalPersonal USA. Fungsi dari sensor ini untuk mengambil sidik jari dari masing-masing karyawan.
Sistem kerja absensi ini pada dasarnya sama, sangat tergantung dengan komputer. Langkah pertama yang dilakukan adalah mendaftarkan sidik jari karyawan untuk selanjutnya karyawan dapat menggunakan jarinya sebagai absensi tentu saja dengan jari yang sudah tersimpan di alat. Jadi karyawan tidak perlu repot-repot membawa kartu atau kertas amano. Hasil data absensi pada akhirnya akan menghasilkan data laporan dari record masuk, pulang, terlambat, pulang cepat sampai total jam kerja sesuai kebutuhan perusahaan. Begitulah sistem kerja absensi pada umumnya.

Dengan demikian dapat dijelaskan beberapa faktor dalam keunggulan menggunakan Identifikasi Sidik Jari untuk Absensi :
1. Kenyamanan
Dimulai dari registrasi yang simple, karyawan tidak perlu repot membawa kartu karyawan maupun kertas atau kartu amino. Setiap karyawan tidak akan lupa membawa alat absensinya atau jari yang telah diregistrasi. Dalam berabsensi kita tidak perlu manekan password atau pin yang merepotkan. Yang kita lakukan hanya menaruh jari kita tepat diatas sensor sidik jari. Atau tinggal “Place Finger!”
2. Keamanan
Dengan menggunakan absensi sidik jari tingkat keamanan sangat tinggi dikarenakan setiap sidik jari setiap pengguna berbeda-beda atau unik. Jadi pengguna tidak bisa saling menitipkan absensi seperti yang dilakukan ketika kita menggunakan absensi tanda tangan, amino atau menggunakan kartu.
3. Efektivitas Waktu
Perusahaan yang menggunakan absensi sidik jari, menjadikan karyawan atau penggunanya akan datang lebih tepat waktu berbeda dengan hari sebelum menggunakan absensi sidik jari. Dalam penggunaan absensi lebih cepat dari pada amino, barcode, apalagi tanda tangan karena absensi sidik jari pada umumnya mempunyai kecepatan pembacaan <= 0.5 detik. Absensi sidik jari mempunyai tingkat akurasi yang tinggi. Dalam pendataan dapat terpusat dalam satu database. Dengan mesin absensi sidik jari dapat terpusat walau di luar kota tanpa menunggu terlalu lama karena dalam pembuatan laporan kita tidak perlu repot merekap manual satu persatu. Semuanya bisa dibilang “Just Click!”. Dengan faktor ini kita bisa meningkatkan produktifitas berdasarkan kedisiplinan.
4. Efisiensi Biaya
Absensi sidik jari lebih efisien jika dibandingkan dengan identifikasi dengan suara maupun retina mata, atau dengan amino yang setiap bulannya harus mengeluarkan biaya membeli kertas, tinta maupun maintenance yang repot. Dengan mesin absensi sidik jari juga dapat mengurangi kecurangan jam kerja yang bisa saja membuat bangkrut perusahaan. Bahkan dewasa ini perusahaan yang sudah menggunakan absensi sidik jari mereka memperkerjakan bagian penggajian atau HRD yang jumlahnya 1-2 orang. Jadi selain mengefisiensi biaya perawatan, pemakaian juga mengefisiensi dalam pengeluaran penggajian setiap bulannya.
5. Investasi Terjangkau
Dibandingkan harga absensi amano maupun kartu, barcode, harga absensi sidik jari lebih murah. Bahkan absensi sidik jari akhir-akhir ini berkisar dibawah 2 juta pun ada. Tetapi harga juga bermacam-macam sesuai fiturnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar