Senin, 03 Desember 2012

PROPOSAL BAB III


BAB III
METODOLOGI PENELITIAN

3.1.      Objek Penelitian
Warnet Fast Net merupakan salah satu sarana pelayanan jasa yang kegiatan utamanya adalah melayani masyarakat dalam menggunakan internet. Warnet Fast Net yang bertempat Jl. Pemuda No. 669 Tanjung Redeb, Berau – Kalimantan Timur ini dikelolah oleh Alumni SMKN 1 Bernau yang bernama Khoirul Anam Ma’ruf, sudah hampir 2 tahun warnet ini berdiri bukan hal yang mudah untuk mempertahankan pelanggan.

Warnet ini memberikan banyak fasilitas diantaranya jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Friendster, Youtube, Instagram, Kaskus, ketersediaan Mozilla Firefox dan Google Chrome untuk membantu kita mencari informasi yang bisa dengan mudah dan cepat menjelajahinya lewat sana. Serta didukung oleh ruangan-ruangan dan keunggulan usaha yang menarik seperti :
a.       Fasilitas yang nyaman dengan Ac.
b.      Kecepatan internet sampai 30 Mbps.
c.       Harga yang lebih murah.
d.      Memiliki Vocer bonus.
e.       Tempat Bilik Lesehan Dan luas
f.       Bilik Lengkap dengan Acc.
           
            Keberadaan warnet disangat membantu masyarakat khususnya masyarakat kalangan menengah hingga menengah kebawah untuk dapat :
1.      Membantu pengetahuan masyarakat tentang teknologi.
2.      Mengurangi pengganguran dengan terbukanya lowongan pekerjaan dari usaha ini.
3.      Membantu masyarakat umum yang membutukan tempat untuk internet.

3.2.            Data Variabel
Dalam penelitian ini dilihat dari 5 dimensi yaitu :
1.      Reliability (Kehandalan)
Yaitu kemampuan untuk memberikan pelayanan yang sesuai dengan janji yang ditawarkan.
2.      Responsiveness (Ketanggapan)
Yaitu respon atau kesigapan karyawan dalam membantu pelanggan dan memberikan pelayanan yang cepat dan tanggap, yang meliputi : kesigapan karyawan dalam melayani pelanggan, kecepatan karyawan dalam menangani transaksi, dan menangani keluhan pelanggan.
3.      Assurance (Keyakinan)
Meliputi kemampuan karyawan atas pengetahuan produk secara tepat, kualitas keramah-tamahan, perhatian dan kesopanan dalam memberi pelayanan, keterampilan dalam memberikan informasi, kemampuan dalam memberikan keamanan dalam manfaat jasa yang ditawarkan, dan kemampuan dalam menanamkan kepercayaan pelanggan terhadap perusahaan.
4.      Empathy (Empati)
Yaitu perhatian secara individu yang diberikan perusahaan kepada pelanggan seperti kemudahaan untuk menghubungi perusahaan, kemampuan karyawan untuk berkomunikasi dengan pelanggan, dan usaha perusahaan untuk memahami keinginan dan kebutuhan pelangganya.
5.      Tangibles (Berwujud)
Terukur, Meliputi penampilan fasilitas fisik seperti gedung dan ruangan front office, tersedianya tempat parkir, kebersihan, kerapian, dan kenyamanan ruangan, kelengkapan peralatan komonikasi dan penampilan.

3.3.            Metode Pengumpulan Data
1.      Metode Skala Likert
Didalam penulisan ilmiah ini penulis menggunakan skala likert yaitu jenis skala yang digunakan untuk mengukur variable penelitian seperti sikap, pendapat, persespsi social seseorang atau kelompok. Responden diminta mengisi pertanyaan dalam skala ordinal berbentuk verbal dalam jumlah katagori tertentu. Dalam hal ini digunakan tingkatan yang terdiri dari sangat puas, puas, cukup puas, tidak puas dan sangat tidaj puas.
Adapun rumus pengujian skala likert yang dipakai adalah :

NIK = Nilai bobot
                        katagori penilaian
                       
            Keterangan :
            NIK                 : Nilai Indeks Kerja
Nilai Bobot      : katagori penilaian X bobot masing-masing
                                 : terdapat 5 katagori

2.      Metode Chi Square
Pengujian hpotesis mengenai perbandingan antara frekuesi observasi/ yang benar-benar terjadi/ actual (fo) dengan frekuesi harapan/ ekspentasi (fe) yang didasarkan atas hipotesis tersebut dengan rumus :

X2 = (fo – fe) 2
fe

Keterangan :
X2  : Chi square
Fo : frekuensi yang diobservasi
Fe : frekuensi yang diharapkan

Dengan menggunakan tingkat singnifikan/ taraf nyata ( α ) = 0,05. Untuk mencari fe digunakan rumus :

fe = Pr X Pc X n

Keterangan :
Pr : Proposi baris
Pc : Proposi kolom
n : banyak data
           
            Ho ditolak apabila X2 hitung > X2 tabel

Ho diterima apabila X2 hitung < X2 tabel

            Daerah Penolakan Ho


Dengan menggunakan tingkat signifikan (α ) 5% atau α : 0,05 dan dengan hipotesis kerja sebagai berikut :

Ho       : konsumen warnet Fast Net merasa tidak puas terhadap pelayanan yang diberikan

Ha       : konsumen warnet Fast Net merasa  puas terhadap pelayanan yang diberikan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar