BAB
III
METODOLOGI
PENELITIAN
3.1. Objek Penelitian
Warnet Fast
Net merupakan salah satu sarana pelayanan jasa yang kegiatan utamanya adalah
melayani masyarakat dalam menggunakan internet. Warnet Fast Net yang bertempat Jl.
Pemuda No. 669 Tanjung Redeb, Berau – Kalimantan Timur ini dikelolah oleh Alumni SMKN 1
Bernau yang bernama Khoirul Anam Ma’ruf, sudah hampir 2 tahun warnet ini
berdiri bukan hal yang mudah untuk mempertahankan pelanggan.
Warnet ini
memberikan banyak fasilitas diantaranya jejaring sosial seperti Facebook, Twitter,
Friendster, Youtube, Instagram, Kaskus, ketersediaan Mozilla Firefox dan Google
Chrome untuk membantu kita mencari informasi yang bisa dengan mudah dan cepat
menjelajahinya lewat sana. Serta didukung oleh ruangan-ruangan dan keunggulan
usaha yang menarik seperti :
a. Fasilitas
yang nyaman dengan Ac.
b. Kecepatan
internet sampai 30 Mbps.
c. Harga yang
lebih murah.
d. Memiliki
Vocer bonus.
e. Tempat Bilik
Lesehan Dan luas
f. Bilik
Lengkap dengan Acc.
Keberadaan
warnet disangat membantu masyarakat khususnya masyarakat kalangan menengah hingga
menengah kebawah untuk dapat :
1. Membantu
pengetahuan masyarakat tentang teknologi.
2. Mengurangi
pengganguran dengan terbukanya lowongan pekerjaan dari usaha ini.
3. Membantu
masyarakat umum yang membutukan tempat untuk internet.
3.2.
Data
Variabel
Dalam penelitian ini dilihat dari 5
dimensi yaitu :
1. Reliability
(Kehandalan)
Yaitu kemampuan untuk
memberikan pelayanan yang sesuai dengan janji yang ditawarkan.
2. Responsiveness
(Ketanggapan)
Yaitu respon atau
kesigapan karyawan dalam membantu pelanggan dan memberikan pelayanan yang cepat
dan tanggap, yang meliputi : kesigapan karyawan dalam melayani pelanggan,
kecepatan karyawan dalam menangani transaksi, dan menangani keluhan pelanggan.
3. Assurance (Keyakinan)
Meliputi kemampuan
karyawan atas pengetahuan produk secara tepat, kualitas keramah-tamahan,
perhatian dan kesopanan dalam memberi pelayanan, keterampilan dalam memberikan
informasi, kemampuan dalam memberikan keamanan dalam manfaat jasa yang ditawarkan,
dan kemampuan dalam menanamkan kepercayaan pelanggan terhadap perusahaan.
4. Empathy
(Empati)
Yaitu perhatian secara
individu yang diberikan perusahaan kepada pelanggan seperti kemudahaan untuk
menghubungi perusahaan, kemampuan karyawan untuk berkomunikasi dengan
pelanggan, dan usaha perusahaan untuk memahami keinginan dan kebutuhan
pelangganya.
5. Tangibles
(Berwujud)
Terukur, Meliputi
penampilan fasilitas fisik seperti gedung dan ruangan front office, tersedianya
tempat parkir, kebersihan, kerapian, dan kenyamanan ruangan, kelengkapan
peralatan komonikasi dan penampilan.
3.3.
Metode
Pengumpulan Data
1. Metode Skala
Likert
Didalam
penulisan ilmiah ini penulis menggunakan skala likert yaitu jenis skala yang
digunakan untuk mengukur variable penelitian seperti sikap, pendapat, persespsi
social seseorang atau kelompok. Responden diminta mengisi pertanyaan dalam
skala ordinal berbentuk verbal dalam jumlah katagori tertentu. Dalam hal ini
digunakan tingkatan yang terdiri dari sangat puas, puas, cukup puas, tidak puas
dan sangat tidaj puas.
Adapun rumus pengujian skala likert
yang dipakai adalah :
NIK = Nilai bobot
∑ katagori penilaian
Keterangan :
NIK : Nilai Indeks Kerja
Nilai Bobot : katagori
penilaian X bobot masing-masing
∑ : terdapat 5 katagori
2. Metode Chi
Square
Pengujian
hpotesis mengenai perbandingan antara frekuesi observasi/ yang benar-benar
terjadi/ actual (fo) dengan frekuesi harapan/ ekspentasi (fe) yang didasarkan
atas hipotesis tersebut dengan rumus :
X2
= ∑ (fo – fe) 2
fe
Keterangan :
X2 : Chi square
Fo :
frekuensi yang diobservasi
Fe :
frekuensi yang diharapkan
Dengan menggunakan tingkat
singnifikan/ taraf nyata ( α ) = 0,05.
Untuk mencari fe digunakan rumus :
fe = Pr
X Pc X n
Keterangan :
Pr : Proposi baris
Pc :
Proposi kolom
n : banyak
data
Ho ditolak apabila X2 hitung
> X2 tabel
Ho diterima
apabila X2 hitung < X2 tabel
Daerah Penolakan Ho
Dengan
menggunakan tingkat signifikan (α ) 5% atau α : 0,05 dan dengan hipotesis kerja sebagai berikut :
Ho :
konsumen warnet Fast Net merasa tidak puas terhadap pelayanan yang diberikan
Ha :
konsumen warnet Fast Net merasa puas
terhadap pelayanan yang diberikan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar