Judul
: Pengaruh Penetapan Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Konsumen
Menggunakan Jasa Di Warnet Lagarsi Jalan Jamin Ginting Medan
Pengarang : Endi K.S, 2011
Tema
: Analisis Kepuasan Pelanggan
Latar Belakang Masalah
Kota Medan adalah kota terbesar
ketiga di Indonesia yang merupakan pusat bisnis dan industri hiburan. Salah
satu industri hiburan yang cukup dikenal ialah warung internet. Usaha warung
internet ini sudah lama diminati dan digemari oleh kalangan anak-anak, remaja
dan dewasa, dan telah mengalami pertumbuhan yang cukup pesat. Kawasan kampus
USU khususnya di jalan Jamin Ginting merupakan kawasan yang banyak dipenuhi
usaha di bidang penyediaan jasa warnet. Warung internet (warnet) Lagarsi adalah
salah satu warnet yang berada di jalan Jamin Ginting sangat ramai dikunjungi
oleh konsumen dibandingkan warung-warung internet lainnya.
Tujuan Penelitian
1.
Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh penetapan harga
dan promosi terhadap konsumen menggunakan jasa di warnet Lagarsi.
2.
Untuk mengetahui dan menganalisis faktor yang paling
dominan, yang menjadi keputusan konsumen menggunakan jasa warnet Lagarsi.
Penelitian Terdahulu
Lumban Batu (2009) dengan Judul
“Pengaruh Penetapan Harga Pengaruh Harga Dan Promosi Penjualan Terhadap
Keputusan Pembelian Pada Bioskop 21 Sun Plaza Medan”. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh penetapan harga dan promosi
penjualan terhadap keputusan pembelian pada Bioskop 21 Sun Plaza Medan.
Hasugian (2009) dengan Judul “Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Konsumen
Dalam Memilih Warung Internet Dhuo di Jalan Dr. Mansyur Medan”. Tujuan
Penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor yang menjadi
pertimbangan konsumen dalam memilih warung internet Dhuo, dan variabel mana
yang paling dominan mempengaruhi konsumen dalam memilih warung internet Dhuo.
Metodologi Penelitian
1. Data Penelitian
Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen
yang datang bermain di warnet Lagarsi di Jalan Jamin Ginting Medan. Rata-rata
jumlah konsumen di warnet Lagarsi setiap bulan yaitu sebanyak 720 orang. Dan
jumlah sampel yang di ambil adalah 88 orang konsumen sebagai sampel penelitian
dengan menggunakan rumus Slovin.
2. Identifikasi Variabel
Operasional variabel dalam penelitian ini adalah Harga (X1),
promosi (X2), keputusan konsumen menggunakan jasa (Y).
3. Tahapan Penelitian
Melalui kuisioner, wawancara, dan studi pustaka.
4. Model Penelitian
Penelitian ini menggunakan model analisis regresi linear
berganda yang digunakan untuk mengetahui pengaruh antara variabel bebas yaitu
harga dan promosi terhadap variabel terikat yaitu keputusan konsumen.
Hipotesis
1.
Variabel harga (price) dan promosi (promotion) memiliki pengaruh positif
dan signifikan terhadap keputusan konsumen menggunakan jasa warnet Lagarsi di
jalan Jamin Ginting Medan.
2.
Variabel promosi (promotion) merupakan variabel yang berpengaruh dominan dalam
mempengaruhi keputusan konsumen menggunakan jasa warnet Lagarsi di jalan Jamin
Ginting Medan.
Riset Analisis
Hasil penelitian menunjukkan bahwa
faktor harga dan faktor promosi mempunyai pengaruh positif dan signifikan
terhadap keputusan konsumen menggunakan jasa di warnet Lagarsi baik secara
parsial maupun secara serempak. Faktor yang paling dominan yang mempengaruhi
keputusan konsumen menggunakan jasa di warnet Lagarsi adalah faktor promosi.
Pengaruh faktor harga dan promosi terhadap keputusan konsumen menggunakan jasa
di warnet Lagarsi yaitu sebesar 64,2% yang dapat dilihat dari nilai koefisien
determinasi (R2) sebesar 0,642 dan sisanya sebesar 35,8% dipengaruhi oleh
faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Rekomendasi
Walaupun faktor harga dan faktor
promosi mempengaruhi keputusan konsumen menggunakan jasa di warnet Lagarsi,
tetapi pemilik warnet harus peka terhadap situasi lingkungan yang kompetitif
dengan warnet-warnet lain. Oleh karena itu, pemilik warnet Lagarsi harus
memperhatikan kenyamanan, keamanan, dan kualitas jasa yang diberikan sehingga
jumlah konsumen yang datang untuk menggunakan jasa di warnet Lagarsi
semakin meningkat.
Sumber : http://dic4ni0.wordpress.com/2011/10/02/tugas-metode-riset-pertemuan-ke-2/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar