Selasa, 23 Oktober 2012

JURNAL I - Analisis Kepuasan Pelanggan


Judul                   : Pengaruh Penetapan Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Jasa Di Warnet Lagarsi Jalan Jamin Ginting Medan
Pengarang          : Endi K.S, 2011
Tema                   : Analisis Kepuasan Pelanggan

Latar Belakang Masalah
Kota Medan adalah kota terbesar ketiga di Indonesia yang merupakan pusat bisnis dan industri hiburan. Salah satu industri hiburan yang cukup dikenal ialah warung internet. Usaha warung internet ini sudah lama diminati dan digemari oleh kalangan anak-anak, remaja dan dewasa, dan telah mengalami pertumbuhan yang cukup pesat. Kawasan kampus USU khususnya di jalan Jamin Ginting merupakan kawasan yang banyak dipenuhi usaha di bidang penyediaan jasa warnet. Warung internet (warnet) Lagarsi adalah salah satu warnet yang berada di jalan Jamin Ginting sangat ramai dikunjungi oleh konsumen dibandingkan warung-warung internet lainnya.

Tujuan Penelitian
1.      Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh penetapan harga dan promosi terhadap konsumen menggunakan jasa di warnet Lagarsi.
2.      Untuk mengetahui dan menganalisis faktor yang paling dominan, yang menjadi keputusan konsumen menggunakan jasa warnet Lagarsi.

Penelitian Terdahulu
Lumban Batu (2009) dengan Judul “Pengaruh Penetapan Harga Pengaruh Harga Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Bioskop 21 Sun Plaza Medan”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh penetapan harga dan promosi penjualan terhadap keputusan pembelian pada Bioskop 21 Sun Plaza Medan. Hasugian (2009) dengan Judul “Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Memilih Warung Internet Dhuo di Jalan Dr. Mansyur Medan”. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor yang menjadi pertimbangan konsumen dalam memilih warung internet Dhuo, dan variabel mana yang paling dominan mempengaruhi konsumen dalam memilih warung internet Dhuo.

Metodologi Penelitian
1.      Data Penelitian
Populasi  dalam penelitian  ini adalah konsumen yang datang bermain di warnet Lagarsi di Jalan Jamin Ginting Medan. Rata-rata jumlah konsumen di warnet Lagarsi setiap bulan yaitu sebanyak 720 orang. Dan jumlah sampel yang di ambil adalah 88 orang konsumen sebagai sampel penelitian dengan menggunakan rumus Slovin.
2.      Identifikasi Variabel
Operasional variabel dalam penelitian ini adalah Harga (X1), promosi (X2), keputusan konsumen menggunakan jasa (Y).
3.      Tahapan  Penelitian
Melalui kuisioner, wawancara, dan studi pustaka.
4.      Model Penelitian
Penelitian ini menggunakan model analisis regresi linear berganda yang digunakan untuk mengetahui pengaruh antara variabel bebas yaitu harga dan promosi terhadap variabel terikat yaitu keputusan konsumen.

Hipotesis
1.      Variabel harga (price) dan promosi (promotion) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen menggunakan jasa warnet Lagarsi di jalan Jamin Ginting Medan.
2.      Variabel promosi (promotion) merupakan variabel yang berpengaruh dominan dalam mempengaruhi keputusan konsumen menggunakan jasa warnet Lagarsi di jalan Jamin Ginting Medan.

Riset Analisis
Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor harga dan faktor promosi mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen menggunakan jasa di warnet Lagarsi baik secara parsial maupun secara serempak. Faktor yang paling dominan yang mempengaruhi keputusan konsumen menggunakan jasa di warnet Lagarsi adalah faktor promosi. Pengaruh faktor harga dan promosi terhadap keputusan konsumen menggunakan jasa di warnet Lagarsi yaitu sebesar 64,2% yang dapat dilihat dari nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,642 dan sisanya sebesar 35,8% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Rekomendasi
Walaupun faktor harga dan faktor promosi mempengaruhi keputusan konsumen menggunakan jasa di warnet Lagarsi, tetapi pemilik warnet harus peka terhadap situasi lingkungan yang kompetitif dengan warnet-warnet lain. Oleh karena itu, pemilik warnet Lagarsi harus memperhatikan kenyamanan, keamanan, dan kualitas jasa yang diberikan sehingga jumlah  konsumen yang datang untuk menggunakan jasa di warnet Lagarsi semakin meningkat.

Sumber : http://dic4ni0.wordpress.com/2011/10/02/tugas-metode-riset-pertemuan-ke-2/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar