Selasa, 23 Oktober 2012

JURNAL II - Analisis Kepuasan Pelanggan


Judul                   : Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen  Menggunakan  Jasa Warung Internet Di Sekitar UNDIP Peleburan
Pengarang          : Duhita Ayu Paramitha, 2011
Tema                   : Analisis Kepuasan Pelanggan

Latar Belakang Masalah
Teknologi Informasi (TI) kini berkembang amat pesat. Peran Internet  tidak bisa dipungkiri dalam hal penyediaan informasi global. Di zaman globalisasi ini, kebutuhan untuk memperoleh  informasi yang cepat, mudah dan murah sangat penting sehingga internet bisa dikatakan  menjadi kebutuhan mendasar manusia. Karena usaha warnet memberikan prospek dan memberikan keuntungan yang baik bagi para pemilik maupun pengelolanya, mengakibatkan jumlah warnet semakin lama menjadi semakin banyak. Dengan semakin banyaknya jumlah warnet, maka mendorong para konsumen atau pelanggan untuk lebih selektif dalam memilih warnet. Untuk memenangkan persaingan dalam mengumpulkan pelanggan sebanyakbanyaknya, para pengusaha warnet dituntut untuk mengetahui beberapa factor yang menjadi pertimbangan konsumen di dalam mengambil keputusan memilih warnet, faktor-faktor tersebut adalah : akses, harga, pelayanan, fasilitas, dan promosi. Ke semua faktor-faktor tersebut saling berhubungan dan menunjang satu sama lain. Maka dari itu untuk menjaga keunggulan bersaing suatu warnet dengan warnet lainnya dilakukan analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen menggunakan jasa warung internet. Penelitian ini mengambil beberapa sampel warung internet yang ada di sekitar Undip Peleburan yaitu Bavier, Jazznet, dan Indonet.

Tujuan Penelitian
Untuk menganalisis pengaruh akses, harga, fasilitas, pelayanan, promosi terhadap terhadap keputusan konsumen dalam menggunakan jasa warnet.

Penelitian Terdahulu
Sebelumnya penelitian mengenai keputusan perpindahan merek sudah banyak dilakukan oleh peneliti, antara lain : Arya Pradana pada tahun 2009 meneliti tentang ”Analisis faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian” dengan studi kasus pada Y Internet Cabang Dr. Cipto Semarang, dan Sulistyanto pada tahun 2010 meneliti tentang ”Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keutusan Pemakaian Jasa Warnet Di Kota Wonogiri.”

Metodologi Penelitian
1.      Data Penelitian
Data primer dalam penelitian ini adalah konsumen yang memakai jasa warnet di Sekitar UNDIP peleburan. Dan data sekunder yang diperoleh dari pemilik warung internet, buku referensi, majalah, internet, dan lainnya.
2.      Identifikasi Variabel
Populasi di dalam penelitian ini jumlahnya tidak diketahui, yaitu semua konsumen jasa internet pada warnet di sekitar Undip Peleburan. Dan teknik pengambilan sampling yang digunakan adalah dengan non probability sampling  yaitu teknik sampling yang tidak memberikan kesempatan sama bagi setiap unsur atau anggota populasi untuk dijadikan sampel (Sugiyono, 2007).
3.      Tahapan Penelitian
Di mulai dari proses editing, proses coding, proses scoring,sampai tabulasi.
4.      Model Penelitian
Metode analisis data yang digunakan yaitu, Uji Alat Ukur terdiri dari Uji Validitas dan Uji Reabilitas,Uji Asumsi Klasik terdiri dari Uji Normalitas, Uji Multikolinieritas dan Uji Heteroskedastisitas, Analisis Regresi Berganda, Uji Ketepatan Model yang terdiri dari Uji T, Uji F, dan yang terakhir Koefisien Determinasi.

Hipotesis
1.      H1
Variabel akses berpengaruh positif terhadap keputusan konsumen menggunakan jasa warung internet.
2.      H2
Variabel harga berpengaruh positif terhadap keputusan konsumen menggunakan jasa warung internet.
3.      H3
Variabel fasilitas berpengaruh positif terhadap keputusan konsumen menggunakan jasa warung internet.
4.       H4
Variabel pelayanan berpengaruh positif terhadap keputusan konsumen menggunakan jasa warung internet.
5.      H5
Variabel promisi berpengaruh positif terhadap keputusan konsumen menggunakan jasa warung internet.

Riset Analisis
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semua variabel independen yang diuji berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen melalui uji F dan uji t, sedangkan angka Adjusted R Square sebesar 0,537 menunjukkan 53,7% kepuasan pelanggan dapat dipengaruhi oleh pelayanan, lokasi dan fasilitas warung internet dan sisanya 46,3% dijelaskan oleh faktor-faktor lain di luar penelitian ini.

Rekomendasi
Untuk mencapai tingkat penjualan yang optimal, maka pihak warnet harus berupaya meningkatkan kinerja dari faktor-faktor yang dilandasi keputusan konsumen dalam menggunakan jasa warnet, yaitu : akses, harga, fasilitas, pelayanan, promosi.

Sumber : http://dic4ni0.wordpress.com/2011/10/02/tugas-metode-riset-pertemuan-ke-2/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar