Judul
: Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen
Menggunakan Jasa Warung Internet Di Sekitar UNDIP Peleburan
Pengarang
: Duhita Ayu Paramitha, 2011
Tema
: Analisis Kepuasan Pelanggan
Latar Belakang
Masalah
Teknologi Informasi (TI) kini
berkembang amat pesat. Peran Internet tidak bisa dipungkiri dalam hal
penyediaan informasi global. Di zaman globalisasi ini, kebutuhan untuk
memperoleh informasi yang cepat, mudah dan murah sangat penting sehingga
internet bisa dikatakan menjadi kebutuhan mendasar manusia. Karena usaha
warnet memberikan prospek dan memberikan keuntungan yang baik bagi para pemilik
maupun pengelolanya, mengakibatkan jumlah warnet semakin lama menjadi semakin
banyak. Dengan semakin banyaknya jumlah warnet, maka mendorong para konsumen
atau pelanggan untuk lebih selektif dalam memilih warnet. Untuk memenangkan persaingan
dalam mengumpulkan pelanggan sebanyakbanyaknya, para pengusaha warnet dituntut
untuk mengetahui beberapa factor yang menjadi pertimbangan konsumen di dalam
mengambil keputusan memilih warnet, faktor-faktor tersebut adalah : akses,
harga, pelayanan, fasilitas, dan promosi. Ke semua faktor-faktor tersebut
saling berhubungan dan menunjang satu sama lain. Maka dari itu untuk menjaga
keunggulan bersaing suatu warnet dengan warnet lainnya dilakukan analisis
faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen menggunakan jasa warung
internet. Penelitian ini mengambil beberapa sampel warung internet yang ada di
sekitar Undip Peleburan yaitu Bavier, Jazznet, dan Indonet.
Tujuan Penelitian
Untuk menganalisis pengaruh akses,
harga, fasilitas, pelayanan, promosi terhadap terhadap keputusan konsumen dalam
menggunakan jasa warnet.
Penelitian Terdahulu
Sebelumnya penelitian mengenai
keputusan perpindahan merek sudah banyak dilakukan oleh peneliti, antara lain :
Arya Pradana pada tahun 2009 meneliti tentang ”Analisis faktor-faktor yang
Mempengaruhi Keputusan Pembelian” dengan studi kasus pada Y Internet Cabang Dr.
Cipto Semarang, dan Sulistyanto pada tahun 2010 meneliti tentang ”Faktor-faktor
yang Mempengaruhi Keutusan Pemakaian Jasa Warnet Di Kota Wonogiri.”
Metodologi Penelitian
1. Data Penelitian
Data primer dalam penelitian ini adalah konsumen yang
memakai jasa warnet di Sekitar UNDIP peleburan. Dan data sekunder yang
diperoleh dari pemilik warung internet, buku referensi, majalah, internet, dan
lainnya.
2. Identifikasi Variabel
Populasi di dalam penelitian
ini jumlahnya tidak diketahui, yaitu semua konsumen jasa internet pada warnet
di sekitar Undip Peleburan. Dan teknik pengambilan sampling yang digunakan
adalah dengan non
probability sampling yaitu teknik sampling yang tidak memberikan kesempatan sama
bagi setiap unsur atau anggota populasi untuk dijadikan sampel (Sugiyono,
2007).
3. Tahapan Penelitian
Di mulai dari proses editing, proses coding, proses scoring,sampai tabulasi.
4. Model Penelitian
Metode analisis data yang digunakan yaitu, Uji Alat Ukur
terdiri dari Uji Validitas dan Uji Reabilitas,Uji Asumsi Klasik terdiri dari
Uji Normalitas, Uji Multikolinieritas dan Uji Heteroskedastisitas, Analisis
Regresi Berganda, Uji Ketepatan Model yang terdiri dari Uji T, Uji F, dan yang
terakhir Koefisien Determinasi.
Hipotesis
1.
H1
Variabel akses berpengaruh positif terhadap keputusan
konsumen menggunakan jasa warung internet.
2.
H2
Variabel harga berpengaruh positif terhadap keputusan
konsumen menggunakan jasa warung internet.
3.
H3
Variabel fasilitas berpengaruh positif terhadap keputusan
konsumen menggunakan jasa warung internet.
4.
H4
Variabel pelayanan berpengaruh positif terhadap keputusan
konsumen menggunakan jasa warung internet.
5.
H5
Variabel promisi berpengaruh positif terhadap keputusan
konsumen menggunakan jasa warung internet.
Riset Analisis
Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa semua variabel independen yang diuji berpengaruh secara positif dan
signifikan terhadap keputusan konsumen melalui uji F dan uji t, sedangkan angka
Adjusted R Square sebesar 0,537 menunjukkan 53,7% kepuasan pelanggan dapat
dipengaruhi oleh pelayanan, lokasi dan fasilitas warung internet dan sisanya
46,3% dijelaskan oleh faktor-faktor lain di luar penelitian ini.
Rekomendasi
Untuk mencapai tingkat penjualan
yang optimal, maka pihak warnet harus berupaya meningkatkan kinerja dari
faktor-faktor yang dilandasi keputusan konsumen dalam menggunakan jasa warnet,
yaitu : akses, harga, fasilitas, pelayanan, promosi.
Sumber : http://dic4ni0.wordpress.com/2011/10/02/tugas-metode-riset-pertemuan-ke-2/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar