Selasa, 23 Oktober 2012

Latar Belakang Masalah - Analisis Kepuasan Pelanggan


BAB I
LATAR BELAKANG

Industri  jasa  pada  saat  ini  merupakan  sektor  ekonomi  yang  sangat  besar  dan  tumbuh  sangat pesat.  Pertumbuhan  tersebut  selain  disebabkan  oleh  pertumbuhan  jenis  jasa  yang  sudah  ada sebelumnya,  juga  disebabkan  oleh  munculnya  jenis  jasa  baru  sebagai  akibat  dari  tuntutan  dan perkembangan  teknologi.  Hal  ini  menjadi  dasar  bagi  industri  jasa  untuk  melakukan  kegiatan pemasaran  jasa.  Kegiatan  pemasaran  merupakan  suatu  proses  yang  mana  melibatkan  bauran pemasaran  sebagai  intinya.  Bauran  pemasaran  merupakan  salah  satu  alat  bagi  pemasar  dalam mendorong  keputusan  pembelian  suatu  produk  baik  barang  maupun  jasa.  Proses  pemasaran  itu sendiri  adalah  proses  tentang  bagaimana  pengusaha  dapat  mempengaruhi  konsumen  agar  para konsumen  tersebut  menjadi  tahu,  senang  lalu  membeli  produk  yang  ditawarkan  dan  menjadi puas  sehingga  mereka  akan  selalu  membeli  produk  perusahaan  itu  (Gitosudarmo,  2001).
Salah satu  usaha  jasa  yang  sangat  berkembang  saat  ini  adalah  Warnet  (Warung  Internet)  yaitu  usaha yang  menyediakan  pelayanan  dalam  teknologi  informasi  (internet).  Teknologi  informasi  (IT)  kini berkembang  amat  pesat.  Peran internet tidak  bisa  dipungkiri  dalam  hal  penyediaan  informasi global.  Di  zaman  globalisasi  ini,  kebutuhan  untuk  memperoleh  informasi  yang  cepat,  mudah  dan murah  sangat  penting  sehingga  internet  bisa  dikatakan  menjadi  kebutuhan  mendasar  manusia (Indosiar.com,  2005).  Di  Indonesia  yang  merupakan  negara  berkembang,  kebutuhan  informasi akan  sangat  tinggi,  dan  salah  satu  alat  untuk  memperoleh  informasi  tersebut  yang  dirasakan paling  sesuai  adalah Internet. Sekarang  komunitas  internet  Indonesia  menyakini  bahwa  internet dapat menjadi obat mujarab untuk menjembatani kesenjangan informasi di Indonesia. Semakin  berkembang  dunia  komunikasi  dan  komputer,  teknologi  internet  menjadi  relatif murah di Indonesia masih dianggap sebagai kegiatan yang mahal.
Hasil penelitian pada Warnet Lagarsi Jalan Jamin Ginting Medan menunjukkan bahwa faktor harga dan faktor promosi mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen menggunakan jasa di warnet Lagarsi baik secara parsial maupun secara serempak. Faktor yang paling dominan yang mempengaruhi keputusan konsumen menggunakan jasa di warnet Lagarsi adalah faktor promosi. Pengaruh faktor harga dan promosi terhadap keputusan konsumen menggunakan jasa di warnet Lagarsi yaitu sebesar 64,2% yang dapat dilihat dari nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,642 dan sisanya sebesar 35,8% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Hasil penelitian pada Warung Internet Di Sekitar UNDIP Peleburan ini menunjukkan bahwa semua variabel independen yang diuji berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen melalui uji F dan uji t, sedangkan angka Adjusted R Square sebesar 0,537 menunjukkan 53,7% kepuasan pelanggan dapat dipengaruhi oleh pelayanan, lokasi dan fasilitas warung internet dan sisanya 46,3% dijelaskan oleh faktor-faktor lain di luar penelitian ini.
Berdasarkan hasil analisis Warnet Di Jember diperoleh bahwa variabel-variabel bauran pemasaran (Product, Price, Promotion, Personal Traits, Place, Process, Physical Evidence), Individu Konsumen (Motivasi, Persepsi, Sikap, Pembelajaran), dan Pengaruh Lingkungan (Budaya, Kelas Sosial, Kelompok Acuan) yang ada pada warnet di kota Jember, secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen memakai jasa warnet di kota Jember.
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penulis tertarik untuk mengadakan analisis jurnal dengan judul “ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP PELAYANAN PADA WARNET LAGARSI, WARNET SEKITAR UNDIP, DAN WARNET DI JEMBER”, dikarenakan penulis ingin mengetahui bagaimana cara mempengaruhi pelanggan pada pemakaian jasa internet dalam warnet.
Dengan demikian penulis tertarik untuk menganalisis jurnal ini dengan tema yang telah diambil, yaitu Analisis Kepuasan Pelanggan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar