Judul : Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap
Pelayanan Laundry Laurent
Pengarang : Adya Dwi Prasetya
Tema : Kepuasan Konsumen
Latar Belakang Masalah
Pada zaman
serba instan ini, kebutuhan akan jasa pencucian pakaian cepat, bersih dan rapih mulai memegang peran penting di masyarakat, terutama di musim penghujan,
ketika kebanyakan rumah tangga akan sangat sulit untuk mencuci dan menjemur di
saat jarang terdapat matahari. Kualitas pelayanan yang baik dari suatu usaha
pencucian pakaian atau laundry merupakan hal paling utama dalam memberikan
kepuasan kepada konsumen. Kualitas pelayanan yang baik juga dapat memberikan
citra yang baik pada usaha laundry. Kualitas pelayanan dapat dilihat dari
dimensi kehandalan, keresponsifan, jaminan, empati dan berwujud. Dalam bidang
pemasaran, pengembangan suatu produk jasa sangatlah penting dalam pertumbuhan
ekonomi suatu bangsa. Jasa pada dasarnya bersifat tidak berwujud, maka setiap
orang yang mengkonsumsinya memiliki pengalaman yang berbeda-beda terhadap
produk yang sama. Untuk itulah kualitas jasa pelayanan harus menjadi hal yang
terpenting karena kualitas sangatlah mempengaruhi terhadap kepuasan pelayanan
konsumen.
Tujuan Penelitian
1. Untuk mengetahui apakah pelayanan yang dilakukan oleh Laundry Laurent memberikan kepuasan kepada konsumennya.
2.
Untuk
mengetahui dimensi kualitas manakah yang paling dominan dalam mempengaruhi
tingkat kepuasan konsumen pada usaha Laundry Laurent.
Metodologi Penelitian
1. Data Penelitian
Penelitian ini menggunakan data primer, dengan
cara penelitian menggunakan kuesioner dari 24 maret – 7 april 2010.
2. Identifikasi
Variabel
Populasi di dalam penelitian ini jumlahnya tidak
diketahui, yaitu semua konsumen jasa laundry pada usaha Laundry Laurent. Dan
teknik pengambilan sampling yang digunakan adalah dengan non probability sampling yaitu
teknik sampling yang tidak memberikan kesempatan sama bagi setiap unsur atau
anggota populasi untuk dijadikan sampel (Sugiyono, 2007).
Konsumen atau pelanggan yang menggunakan jasa Laundry Laurent.
3. Tahapan
Penelitian
Di mulai
dari proses editing, proses coding, proses scoring, sampai tabulasi.
4. Model
Penelitian
Uji
hipotesis proporsi tunggal.
5. Teknik
Pengumpulan Data
Observasi, wawancara, kuesioner.
6. Teknik Sampling
Dalam penelitian ini menggunakan teknik
probabilitas yaitu dengan menggunakan teknik random.
7. Analisis Data
Skala likert, Uji hipotesis proporsi tunggal.
Hipotesis
1. Variabel
harga (price) dan promosi (promotion) memiliki pengaruh positif dan signifikan
terhadap keputusan konsumen menggunakan jasa Laundry Laurent.
2. Variabel
promosi (promotion) merupakan variabel yang berpengaruh dominan dalam
mempengaruhi keputusan konsumen menggunakan jasa Laundry Laurent.
Riset Analisis (Hasil Penelitian dan Kesimpulan)
1. Jumlah konsumen yang menyatakan minimal puas terhadap pelayanan yang
diberikan oleh Laundry Laurent masih dibawah jumlah yang penulis tentukan dalam
hipotesis. Jadi penulis menyatakan bahwa konsumen Laundry Laurent masih belum
merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan.
2. Dari hasil penelitian yang penulis lakukan, diketahui bahwa dimensi
kualitas pelayanan yang paling dominan mempengaruhi tingkat kepuasan konsumen
pada usaha Laundry Laurent adalah dimensi empati dengan jumlah skor 752 melalui
metode Skala Likert dan dengan nilai 1.538 melalui pengujian hipotesis prporsi
tunggal.
Saran dan Usulan Lanjutan
Sebaiknya Laundry Laurent lebih meningkatkan kualitas pelayanan dari semua dimensi
koresponsifan yang memperlihatkan nilai terendah agar Laundry Laurent dapat memberikan
kepuasan kepada para pelangganya dan sebagai langkah untuk menarik calon
konsumen.
Pihak Laundry Laurent juga perlu meningkatkan kualitas di bidang sumber daya manusia
terutama kinerja para karyawan dan berusaha meningkatkan kinerja perusahaan
secara keseluruhan agar konsumen merasa puas dan semakin banyak konsumen yang
mempergunakan jasa pencucian di Laundry Laurent.
Sumber
http://annisaprawidya1991.blogspot.com/2010/11/new-review-jurnal-2.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar